-->

Beberapa Jenis Dan Kategori Seo Yang Wajib Anda Tahu

 Ada banyak jenis, kategori, dan subkategori SEO yang berbeda. Saya sangat berarti! Mari kita lihat yang paling populer dan paling penting. 


SEO  sering dibagi menjadi SEO on-site dan SEO off-site. 

SEO di tempat  mengacu pada pengoptimalan elemen situs web, seperti tag meta, konten, kecepatan, URL, tautan internal, dan banyak lagi. 

SEO di luar situs  mengacu pada pengoptimalan yang dilakukan di luar situs web, seperti pembuatan tautan.

Ada juga  SEO on-page  dan  SEO off-page  yang bekerja secara analog tetapi berhubungan dengan satu halaman web tertentu, bukan keseluruhan situs.

Praktik SEO sering dibagi menjadi  SEO topi belakang  dan  SEO topi putih  tergantung pada apakah Anda mematuhi pedoman webmaster Google atau lebih memilih teknik manipulatif. 

Pembagian umum SEO lainnya adalah menjadi  SEO teknis  (berfokus pada pengoptimalan teknis),  SEO seluler  (berfokus pada pengoptimalan situs web untuk seluler), dan  SEO lokal  (berfokus pada visibilitas lokal).

Dalam kebanyakan kasus, SEO hanya mengacu pada pengoptimalan situs web untuk pencarian. Tapi tidak selalu! 


Itu sebabnya kami juga memiliki  SEO YouTube ,  SEO Instagram,  atau  Pengoptimalan App Store (ASO)  yang berfokus pada peningkatan visibilitas saluran YouTube, akun Instagram, atau aplikasi seluler.

Apa itu SEO di luar situs?

SEO di luar situs   mengacu pada pengoptimalan yang dilakukan di luar situs web dengan tujuan meningkatkan peringkat dan visibilitas situs web di mesin telusur. SEO off-site  bertujuan untuk mengumpulkan sinyal eksternal, seperti backlink. 


Ada juga  SEO off-page  yang bertujuan mengumpulkan sinyal eksternal ke halaman web tertentu, bukan di seluruh situs web. 


KIAT PRO:  Strategi SEO yang baik bergantung pada SEO on-site dan off-site. 


SEO di luar situs paling sering dikaitkan dengan pembuatan tautan yang merupakan bagian utamanya. Tetapi ada juga teknik SEO off-page lainnya. 


SEO di luar situs mencakup aktivitas promosi apa pun yang dilakukan di luar situs web Anda. Ini adalah posting tamu (berkualitas tinggi), mendapatkan sebutan dari pakar lain di bidangnya, aktivitas Anda di media sosial, atau bahkan dipercaya dan diakui oleh otoritas lain.


Apa itu SEO di tempat?

SEO di tempat  mengacu pada pengoptimalan yang dilakukan di situs web itu sendiri, seperti tag meta, judul, tag ALT, konten, kecepatan, URL, tautan internal, dan banyak lagi. Ini mencakup pengoptimalan konten situs web dan kode HTML-nya.


PRO INSIGHT:  Banyak optimasi SEO on-site yang termasuk dalam lingkup teknis SEO yang akan kita bicarakan secara lebih rinci di bawah ini. 


SEO di tempat harus fokus pada membuat situs web dapat diakses dan mudah dipahami baik untuk pengguna dan robot mesin pencari. 


Periksa daftar periksa SEO pada halaman saya .


Apa itu SEO topi hitam?

Black hat SEO  adalah kebalikan dari white hat SEO. Ini mengacu pada praktik yang bertentangan dengan aturan dan rekomendasi mesin pencari. Tujuan dari black hat SEO adalah untuk menipu mesin pencari sehingga peringkat situs web lebih tinggi dari yang seharusnya. 


PRO INSIGHT:  Black hat SEO adalah jenis SEO jadul yang merupakan strategi yang sangat berisiko dan berjangka pendek. 


Beberapa  praktik SEO topi hitam yang umum  termasuk isian kata kunci, skema tautan, penyelubungan, atau teks tersembunyi. Google cukup jelas tentang apa yang dianggapnya sebagai black hat SEO dan menjelaskannya secara rinci dalam  pedoman kualitasnya .


Teknik SEO topi hitam sering mengakibatkan situs web dihukum baik secara algoritmik atau melalui tindakan manual. Penalti biasanya terkait dengan penurunan lalu lintas yang besar atau situs web yang dihapus dari hasil pencarian. 


Apa itu SEO topi putih?

White hat SEO  mengacu pada taktik dan metode pengoptimalan situs web yang mematuhi rekomendasi dan praktik mesin telusur resmi, seperti Pedoman Webmaster Google. Dalam praktiknya, ini berarti bermain dengan Google alih-alih mencoba mengelabuinya dengan berpikir bahwa situs web kita lebih baik daripada yang sebenarnya.


PRO INSIGHT:  White hat SEO adalah strategi jangka panjang yang membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan, tetapi membuahkan hasil yang baik. 


KIAT PRO:  Tempat yang baik untuk memulai SEO topi putih Anda adalah dari Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Pencari Google .  


SEO topi putih fokus pada penyediaan konten yang berharga dan bermanfaat berkat mereka dapat membangun kepercayaan dan otoritas. Mereka peduli dengan pengguna dan pengalaman mereka, pada saat yang sama membuat situs web seramah dan semudah mungkin diakses.


Apa itu SEO topi abu-abu?

Grey hat SEO  adalah area antara back hat SEO dan white hat SEO. Lebih sering daripada tidak itu berada di ambang melanggar pedoman webmaster Google atau melanggar hanya beberapa dari mereka tanpa terlalu ekstrim. 


PRO INSIGHT:   Sangat mudah untuk pergi ke sisi belakang SEO setelah Anda mulai melihat bahwa beberapa trik SEO topi abu-abu Anda bekerja. 


SEO topi abu-abu mungkin memiliki situs yang cukup layak dengan konten yang bagus tetapi masih mengandalkan taktik, seperti membeli tautan yang relatif murah dari posting tamu di blog yang merupakan bagian dari PBN (jaringan blog pribadi). 


Dan sekarang jenis SEO lain yang menarik. Tahukah Anda bahwa SEO tidak selalu tentang meningkatkan peringkat? Terkadang sebaliknya.


Apa itu SEO negatif?

SEO Negatif  mengacu pada teknik dan praktik SEO topi hitam yang bertujuan merusak peringkat dan visibilitas situs web kompetitif di mesin pencari.


Beberapa  praktik SEO negatif  termasuk membangun ribuan tautan spam yang mengarah ke situs web kompetitif, meretas situs web, atau menyalin kontennya, dan meletakkannya di banyak tempat berbeda di Internet.


PRO INSIGHT:  Melakukan SEO negatif biasanya membuang-buang waktu selain tidak etis. 


Google semakin pintar dalam mengenali ketika seseorang mencoba untuk merusak situs web dengan teknik SEO negatif. Dalam kebanyakan kasus, Google mengabaikan praktik ini dan situs web yang diserang hampir tidak pernah mengalami hasil negatif.


Apa itu SEO seluler?

SEO Seluler  mengacu pada praktik pengoptimalan situs web dengan fokus pada pengguna seluler dan pengindeksan yang mengutamakan seluler. 


The  Tujuan dari SEO ponsel  adalah untuk memastikan bahwa situs web mobile-ramah dan pengalaman halaman pengguna ponsel adalah hanya sebagai baik sebagai dalam kasus pengguna desktop. 


Dasar-dasar SEO: ramah seluler

PRO INSIGHT:  Lebih dari 50% lalu lintas situs web di seluruh dunia berasal dari perangkat seluler, yang berarti Anda tidak dapat mengabaikan SEO seluler. 


SEO Seluler mencakup pengoptimalan, seperti kecepatan situs web, daya tanggap, dan pengalaman laman pengguna seluler yang disebutkan di atas.


Apa itu SEO lokal?

SEO lokal  adalah proses mengoptimalkan situs web untuk visibilitas dalam hasil pencarian lokal. SEO lokal, sama seperti SEO biasa, adalah tentang meningkatkan lalu lintas organik (juga disebut gratis atau alami) ke situs web.


Namun,  perbedaan  antara  SEO  dan  SEO lokal  adalah bahwa yang terakhir berfokus pada peningkatan visibilitas bisnis lokal dan biasanya lebih kecil yang memiliki lokasi fisik.


Lokasi geografis adalah komponen penting dari SEO lokal. Contoh kueri lokal mungkin "pizza di dekat saya" atau "pizza di London". 


SEO lokal

Semua teknik SEO teknis dan mobile tentunya masih berlaku untuk SEO lokal. Namun, ada beberapa taktik khusus SEO lokal juga. Komponen dasar dan terpenting dari SEO lokal adalah mengklaim daftar  Google Bisnisku perusahaan Anda  , yang membawa kita ke pertanyaan lain. 


Apa itu ASO?

ASO (App Store Optimization)  mengacu pada proses peningkatan visibilitas dan peringkat aplikasi seluler (aplikasi) di dalam toko aplikasi (terutama Google Play dan iTunes). 


ASO  juga disebut sebagai  SEO aplikasi seluler  atau  pemasaran toko aplikasi.  Tujuan  ASO  terutama untuk meningkatkan unduhan aplikasi.


Ada banyak kesamaan antara SEO dan ASO karena keduanya bergantung pada sinyal peringkat yang serupa, seperti kualitas, pengalaman pengguna, kemampuan indeks, sinyal pengguna, dll.


Demikian pula, banyak teknik SEO tradisional juga berlaku untuk  SEO aplikasi seluler . Ini termasuk melakukan penelitian kata kunci, pengoptimalan nama dan judul aplikasi, pengindeksan aplikasi di Google, penilaian dan ulasan aplikasi, pengoptimalan RKT aplikasi, dan banyak lagi.


Apa itu SEO sosial?

SEO Sosial  mengacu pada proses mendapatkan sinyal dari media sosial dengan tujuan meningkatkan visibilitas situs web dan peringkatnya di mesin pencari.


KIAT PRO:  Sinyal dari situs web media sosial tidak secara langsung memengaruhi peringkat situs web di mesin telusur.


Namun, media sosial dapat membawa situs web banyak lalu lintas dan pengguna yang berharga jika, misalnya, sebuah konten menjadi viral. Ini secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan visibilitas situs web secara keseluruhan.


Apa itu SEO YouTube?

SEO YouTube adalah proses mengoptimalkan saluran YouTube (beserta videonya) sehingga mendapat peringkat tinggi di YouTube (dan Google). SEO untuk YouTube melibatkan teknik, seperti mengoptimalkan saluran (deskripsi, metadata) dan videonya (mengoptimalkan kata kunci, judul, deskripsi, menambahkan transkripsi).


YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia (tebak siapa yang nomor satu). Itu sebabnya, jika Anda memproduksi konten video, maka merupakan ide bagus untuk menginvestasikan waktu atau uang Anda dalam jenis SEO ini.

Subscribe Our Newsletter