-->

Apa Itu Seo dan Bagaimana Cara Mengoptimalkakan Situs Di SearchEngin

Jika Anda memiliki kehadiran internet apa pun, Anda mungkin pernah mendengar tentang pengoptimalan mesin telusur, yang sering disebut sebagai “SEO.” Ini adalah istilah umum yang mewakili berbagai praktik, strategi, dan teknik yang dapat membantu situs web tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian.


Apa itu SEO?


Setiap kali seseorang mengatakan sesuatu seperti "SEO situs web ini bisa lebih baik", itu berarti bahwa situs web yang dimaksud dapat melakukan hal-hal yang berbeda — apakah itu jenis konten yang mereka miliki, kode di balik halaman mereka, dan banyak lagi.


Pada akhirnya, memiliki SEO yang baik berarti bahwa, ketika orang mencari kata atau rangkaian kata yang terkait dengan topik di situs web Anda, halaman Anda akan terlihat oleh mereka.


Apa itu Mesin Pencari?

Disadari atau tidak, Anda mungkin sudah memiliki banyak pengalaman dengan mesin pencari. Menggunakan sesuatu seperti Google atau Bing untuk "mencari" jawaban atas sebuah pertanyaan adalah contoh utama penggunaan mesin pencari.


Di world wide web, mesin pencari adalah situs web yang mengumpulkan informasi tentang situs web lain dan menyajikan informasi itu kepada pengguna dengan cara yang sangat intuitif. Mesin pencari ingin menjawab pertanyaan pengguna — seperti “resep salmon terbaik” — dan memberi pengguna daftar hasil yang paling cocok dengan apa yang mereka cari. Ketika hasil ini ditampilkan, itu disebut "halaman hasil mesin pencari," atau " SERP ," dan tergantung pada pencarian, SERP dapat mengambil berbagai bentuk.


contoh SERP


Saat ini, beberapa mesin pencari yang paling terkenal adalah Google, YouTube, dan Bing.


Banyak mesin pencari lain yang ada, semuanya menggunakan teknik yang sedikit berbeda untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin dalam mencocokkan pengguna dengan hasil yang mereka inginkan. Namun, Google (sebagai perusahaan) mendominasi dunia mesin pencari modern, karena memiliki dua mesin pencari paling populer yang digunakan oleh pengguna internet berbahasa Inggris (masing-masing Google dan YouTube).


Bagaimana Mesin Pencari Seperti Google Bekerja

Bagi manusia, pekerjaan mesin pencari terkadang terlihat sederhana.


Lagi pula, jika Anda seorang juru masak rumah yang rajin dan seorang teman bertanya tentang resep salmon favorit Anda, Anda mungkin dapat memberi tahu mereka apa yang ingin mereka ketahui dengan sedikit usaha. Bagi otak kita, membuat hubungan antara topik dan menemukan jawaban untuk pertanyaan tertentu adalah tugas yang relatif mudah.


Namun, itu tidak sesederhana itu untuk mesin pencari, yang menyaring jauh lebih banyak informasi per detik daripada yang bisa dipahami rata-rata orang, hanya untuk memberikan jawaban atas pertanyaan sederhana.


Untuk memenuhi tugas mereka dalam memberikan hasil terbaik untuk permintaan pengguna tertentu, perusahaan mesin pencari saat ini terus mengevaluasi dan mengerjakan ulang algoritme mereka — cara kerja mesin pencari. Algoritme ini menyaring ratusan juta laman web , mencari sinyal tertentu, dan akhirnya menampilkan laman yang paling banyak menampilkan sinyal terbaik kepada pengguna.


Hanya orang-orang yang bekerja di mesin pencari ini yang tahu apa sinyal ini, dan seberapa penting masing-masing dibandingkan dengan yang lain. Faktanya, dengan diperkenalkannya pembelajaran mesin dan pembaruan waktu nyata, bahkan para insinyur pencari ini mungkin tidak tahu persis bagaimana algoritme beroperasi.


Namun, kami memiliki gagasan yang cukup jelas tentang beberapa sinyal terpenting dan kami akan melihatnya sebentar lagi.


Cari algoritma

Crawler adalah program komputer yang menelusuri web, mengunduh salinan halaman web untuk disimpan di server mesin pencari.


Namun, beberapa halaman bisa berukuran besar, jadi untuk menghemat ruang dan membantu segala sesuatunya bergerak lebih cepat, crawler hanya akan mengunduh kode dasar situs web — HTML. Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk memiliki kode bersih yang dioptimalkan untuk mesin telusur .


Namun, untuk semua trik mereka, perayap tidak akan tahu tentang halaman baru kecuali jika mereka diarahkan ke sana. Anda dapat membantu mengarahkan perayap ke halaman web baru Anda melalui tautan internal di konten yang ada atau melalui tautan eksternal dari domain lain. Perayap akan menemukan tautan ini dan mengikutinya, menemukan konten baru, dan mengunduh pembaruan untuk konten lama Anda.

Subscribe Our Newsletter