DomaiNesia

Panduan Seo Brutal Tingkat Dewa ,Rugi Kalau tak Baca

STRATEGI MEMBANGUN LINK BUILDING

Pembuatan tautan (juga dikenal sebagai pembuatan tautan dan pembuatan tautan) adalah praktik mempromosikan situs web Anda ke pemilik situs web lain dengan tujuan utama mengamankan tautan (hyperlink) di situs mereka ke halaman Anda.  


MENGAPA BISNIS MENGINVESTASIKAN WAKTU DAN SUMBER DAYA DI LINK BUILDING?

Investasikan-waktu-1


Jika Anda memiliki situs web dan menginginkan lalu lintas dari pencarian, Anda harus secara konsisten mengamankan tautan bagus dari situs web yang relevan. Itu berarti Anda perlu membangun tautan. Membangun tautan membutuhkan keterampilan sosial yang kuat, komunikasi yang baik, ketekunan, dan kreativitas. Ini menggabungkan pemasaran, penjualan, dan psikologi.


MENGAPA BISNIS MENYERTAKAN LINK AKUISISI DALAM PEMASARAN MEREKA?

Akuisisi tautan


Tautan sangat berharga dalam optimasi mesin pencari (SEO).

Tautan adalah faktor peringkat yang kuat dalam algoritme penelusuran Google (dan mesin telusur lainnya).  

Tautan sangat berharga dalam pengembangan audiens.

Mengamankan tautan di situs web lain memberi pemirsa lain akses langsung ke situs web Anda, dan dapat meneruskan lalu lintas rujukan . 

Tautan sangat berharga untuk pemasaran.

Tautan adalah suara kepercayaan dari satu situs web ke situs web lainnya. Setiap tautan menciptakan hubungan positif dan mengembangkan hubungan.

Tautan sangat penting untuk meningkatkan lalu lintas online. Situs web tanpa tautan tidak akan mendapatkan lalu lintas apa pun — dari penelusuran, atau dari situs web lain.


Demikian penjelasan singkat dan sederhana. Sekarang mari kita lihat lebih dalam.


Unduh Daftar Periksa Integrasi

TINJAUAN DASAR MEMBANGUN LINK

ikhtisar pembuatan tautan

Apa:

Pembuatan tautan adalah proses mengamankan tautan di situs web independen kembali ke situs Anda sendiri (atau situs klien).


Mengapa:

Pencarian Google didasarkan pada tautan. Semakin banyak tautan yang Anda miliki dari situs web yang relevan dan otoritatif, semakin baik kinerja situs web Anda dalam mencari kueri yang relevan. Tautan juga mengarahkan lalu lintas rujukan dan membantu mengembangkan hubungan.


Caranya:

Perusahaan SEO  menggunakan strategi yang disesuaikan dengan beragam taktik yang dirancang untuk meyakinkan situs web lain bahwa itu adalah minat terbaik mereka — atau audiens mereka — untuk menautkan ke halaman di situs Anda.


Kapan:

Pembuatan tautan mendapatkan popularitas dengan munculnya Google pada tahun 1998, dan masih penting hingga saat ini.


WHO:

SEO, pemasar, dan pemilik situs web menggunakan pembuatan tautan untuk meningkatkan lalu lintas ke situs mereka melalui pencarian.


NILAI BANGUNAN LINK

Nilai bangunan tautan


Tautan sangat penting bagi keberadaan web.


Bahkan, disebut web karena tautan — tautan adalah 'anyaman' yang menggabungkan jutaan situs web menjadi satu kesatuan, menciptakan web yang saling berhubungan.


Ada dua alasan utama pemasar dan bisnis harus memperhatikan tautan:


Tautan adalah sarana utama navigasi online, mengarahkan manusia dari satu halaman web ke halaman web lainnya. Manusia secara inheren mengasosiasikan tautan sebagai sinyal otoritas dan kepercayaan.

Mesin pencari (misalnya Google) menganggap tautan sebagai "suara kepercayaan" dari satu situs web ke situs web lain, dan menggunakan tautan sebagai sinyal otoritas, kepercayaan, dan relevansi.

Tautan berharga untuk pemasaran, pengembangan audiens, pembangunan hubungan, dan pengoptimalan mesin telusur .


NAVIGASI WEB

Tautan adalah sarana utama untuk menavigasi web.


TANPA LINK, INTERNET TIDAK DAPAT DINavigasi.


Pada dasarnya ada tiga cara untuk menavigasi ke halaman:


Tandai halaman.

Ketik jalur URL lengkap ke browser Anda.

Klik tautan.

Tautan bertanggung jawab atas sebagian besar navigasi web. Baik di media sosial, pencarian, atau menjelajahi situs populer seperti Reddit, kemungkinan besar Anda mengklik tautan untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain.


Menghafal URL dan membuat ribuan bookmark tidaklah praktis.


Tautan memperkuat web, dan sangat penting untuk penelusuran, arsitektur situs web, pengalaman pengguna (UX), pengembangan audiens, dan aksesibilitas manusia.


LINK SEBAGAI SINYAL PERINGKAT

MESIN PENCARIAN MENGGUNAKAN LINK SEBAGAI SINYAL PERINGKAT INTI.


Pencarian bertanggung jawab atas sebagian besar lalu lintas internet — satu  studi  oleh Konduktor melaporkan lebih dari 60%. Ketika Google  tiba-tiba mogok pada tahun 2013, 40% lalu lintas Internet turun.


Pencarian adalah saluran utama lalu lintas untuk sebagian besar bisnis online.


Seluruh industri ada di sekitar mengoptimalkan situs web untuk pencarian, meningkatkan kinerjanya: optimisasi mesin pencari (SEO).


Membangun link adalah bagian penting dari layanan SEO . Tanpa tautan, situs web tidak dapat diberi peringkat dalam kueri penelusuran kompetitif. 


Sistem inti Google, yang menyebabkan dominasi mereka sebagai mesin pencari, adalah PageRank . PageRank adalah algoritme Google yang menempatkan nilai pada tautan, dan memengaruhi peringkat penelusuran situs web . 


Manusia dan mesin pencari sama-sama memberikan nilai yang cukup besar pada tautan, dan mengamankan tautan secara online membutuhkan upaya yang berkelanjutan dan terfokus.


LINK SENGAJA

Tautan berkualitas tidak terjadi secara kebetulan.


LINK YANG BAIK MEMBUTUHKAN UPAYA YANG SENGAJA.


Google sering memberi tahu pemilik situs web untuk "membuat konten hebat." Anda perlu membuat halaman yang memberikan nilai bagi audiens Anda.


Tetapi konten yang berharga membutuhkan promosi. Jika Anda ingin mengamankan tautan yang layak diterima situs web Anda, Anda harus dengan sengaja mempromosikan halaman Anda ke situs web yang tautannya masuk akal.


Tautan tidak terjadi, jika tidak.


Menurut studi bersama tahun 2015 oleh BuzzSumo dan Moz, sebagian besar posting online tidak memiliki tautan eksternal (tautan dari situs web lain).  


Mayoritas konten online tidak memiliki peluang nyata untuk menerima lalu lintas pencarian yang signifikan, yang bertanggung jawab atas sebagian besar lalu lintas online.


SEO mengetahui dampak beberapa tautan alami dari situs web yang berkualitas dan relevan. Tidak lagi membutuhkan ratusan atau ribuan tautan untuk menentukan peringkat. Komoditas satu tautan telah meningkat pesat, memberi situs web berkualitas lebih banyak kekuatan dalam industri masing-masing.


Untuk mengamankan tautan, Anda perlu menunjukkan nilai dengan cara yang persuasif.


CARA BEKERJA PENCARIAN

Bagaimana-pencarian-bekerja


Tautan penting bagi manusia, pemasar, dan kegunaan internet. Pencarian Google juga bergantung pada tautan, baik untuk peringkat maupun perayapan .


Mari kita lihat lebih dalam tentang cara kerja pencarian secara spesifik.



 


Google merayapi web dengan mengikuti tautan (sekali lagi membuat pencarian bergantung pada tautan), membuat indeks dari halaman yang mereka temukan. Saat Anda menggunakan penelusuran, Anda tidak menelusuri web langsung, melainkan indeks web Google.


Google menyimpan indeks mereka di banyak pusat data, yang sangat besar dan kompleks.


Ukuran indeks terakhir yang dilaporkan Google adalah sekitar 130 TRILIUN halaman, mengambil lebih dari 100 juta gigabyte.  


Bagaimana Google mengetahui halaman mana yang harus dikembalikan untuk pencarian (kueri) tertentu? Bagaimana mereka menentukan halaman mana yang relevan? Bagaimana mereka memberi peringkat dan mengurutkan halaman-halaman itu?


Google menggunakan algoritme, baik pembelajaran mesin maupun kode manusia (oleh Ranking Engineers), untuk menentukan hasil yang paling relevan.


Ada lebih dari 200 sinyal peringkat yang digunakan oleh algoritma pencarian Google. Tidak ada yang tahu persis apa sinyal ini (atau bahkan kekuatan yang diberikan untuk setiap sinyal) — meskipun banyak yang berspekulasi.


KATEGORI SEO

Ada tiga kategori pengoptimalan berbeda yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan situs web Anda dalam pencarian:


SEO-Kategori

SEO teknis  adalah pengoptimalan teknologi yang terlibat dalam perayapan Google dan pengindeksan situs Anda. Ini termasuk arsitektur domain, tumpukan teknologi, robots.txt , kode server, pengalihan, kecepatan halaman, tautan internal, dll.


SEO On-page adalah optimasi konten dan HTML halaman situs Anda sendiri. Ini adalah tampilan yang lebih terperinci dari elemen pada halaman, yang membantu Google memahami topik dan maksud halaman. Ini termasuk kata-kata di halaman, URL, judul, tag header , gambar, tag meta, dll. 


Di luar halaman biasanya mengacu pada tautan, meskipun juga dapat menyertakan kutipan.


SEO teknis dan on-page sangat penting — Anda tidak akan pernah memberi peringkat ke potensi penuh situs Anda tanpa SEO on-page dan teknis yang bersih dan dioptimalkan. Untungnya Anda sebagian besar harus memiliki kendali atas elemen-elemen ini, yang merupakan akibat langsung dari bagaimana Anda membangun situs web dan platformnya.  


SEO teknis dan on-page keduanya menjadi jauh lebih kompleks saat Anda menskalakan situs web (meningkatkan jumlah dan ukuran halaman), dan melibatkan lebih banyak teknologi.


Off-page adalah elemen yang paling tidak Anda kendalikan dalam SEO. Ini membutuhkan meyakinkan situs web lain untuk memberikan sinyal positif ke situs Anda, yang tidak terjadi tanpa alasan yang baik.


Tautan mungkin memiliki nilai peringkat paling tinggi dari sinyal tunggal mana pun. Mereka sangat penting untuk menentukan peringkat dalam pencarian kompetitif.


Mengamankan tautan dari situs web resmi dengan cara yang relevan tidaklah mudah. Algoritme asli Google berhasil karena menggunakan tautan sebagai sinyal peringkat inti, yang tidak digunakan mesin telusur lain saat itu.


BAGAIMANA GOOGLE MENGHASILKAN UANG

Perhatian Google sama dengan bisnis apa pun: menghasilkan uang.


Sumber pendapatan utama Google adalah dari pencarian. Faktanya, sebelum Google berpisah menjadi Alphabet , pencarian bertanggung jawab atas sebagian besar pendapatan — meskipun banyak proyek sampingan yang sukses (yang kini telah menjadi bisnis mereka sendiri, di bawah Alphabet). 


Bagaimana Google menghasilkan uang dari pencarian, yang gratis? Dengan iklan, di bagian atas atau bawah halaman hasil pencarian. Ini adalah bisnis yang sangat besar. Google melaporkan pendapatan $74,5 miliar pada tahun 2015, dengan pertumbuhan yang konsisten dari tahun ke tahun.  


Untuk memastikan mereka terus menghasilkan uang dari pencarian, inti dari perusahaan mereka, Google harus melakukan dua hal:


Buat pengalaman pengguna yang luar biasa (UX)

Terus dorong orang untuk mengklik iklan

Google-Uang-1


Untuk lebih memahami penelusuran, izinkan saya menunjukkan penelusuran untuk 'kopi': 


kopi_SERP


Saya menyoroti Grafik Pengetahuan dalam warna oranye, paket lokal berwarna hijau, fitur pencarian tambahan berwarna merah, dan iklan berwarna kuning. Mari kita lihat setiap elemen.


Grafik Pengetahuan (Oranye)

Grafik Pengetahuan adalah upaya lGoogle untuk menjelaskan informasi dunia nyata, alih-alih mengandalkan situs web lain untuk menjawab kebutuhan pencari.


Paket Lokal (Hijau)

Paket Lokal adalah Google yang memuaskan pencari lokal dan seluler.


Fitur SERP Tambahan (Merah)

Fitur SERP tambahan mewakili upaya Google dalam menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa hebat, apa pun maksud dari pencari. Dalam kasus pencarian ini, mereka menarik publikasi tentang kopi dan pencarian terkait kopi.


Iklan (Kuning)

Iklan tersebut mewakili pendapatan Google. Iklan adalah cara Google menghasilkan uang dalam pencarian.


Apa pun yang tidak disorot telah berhasil masuk ke hasil menggunakan setidaknya beberapa pengoptimalan mesin telusur, termasuk struktur teknis yang bersih, konten di halaman yang dioptimalkan, dan tautan.


PENGAMBILAN SERP

Luangkan waktu sejenak dan hargai seberapa banyak Google menempatkan kualitas pencarian — ada banyak elemen informasi yang dirancang untuk memuaskan niat pencari, bahkan tanpa harus mengklik dari Google.


[Kopi] adalah istilah yang sepenuhnya umum — sering disebut sebagai 'istilah utama' dalam SEO — tanpa maksud yang jelas. Namun tidak peduli apa maksud dari pencari, kemungkinan besar halaman hasil ini akan menjawabnya. Kami memiliki pengetahuan kata nyata (Grafik Pengetahuan), kedai kopi terdekat (Paket Lokal), artikel dari publikasi, saran pencarian tambahan, dan sembilan hasil organik untuk memenuhi tujuan tambahan.


Tanpa banyak informasi untuk bekerja, Google mampu membuat penggabungan hasil untuk menjawab berbagai maksud pencari.


Hasil ini juga tidak menyertakan personalisasi, yang umum dalam penelusuran. Jika Anda secara konsisten menelusuri [kopi], Anda akan melihat hasil yang berbeda muncul di sini.


Perhatikan juga betapa bijaksananya iklan tersebut; duduk di bagian bawah tanpa apa pun kecuali "Iklan" hijau untuk membedakannya dari hasil penelusuran lainnya.


Akhirnya, pertimbangkan fakta bahwa setiap situs web yang tidak disorot tidak akan ada dalam pencarian tanpa bantuan SEO.


Pendapatan Google yang mengejutkan mengalir dari pencarian. SEO berfungsi untuk meningkatkan peringkat situs web dalam pencarian yang relevan. Istilah pencarian yang sangat kompetitif dan menguntungkan didominasi oleh upaya SEO.


Google memiliki kepentingan dalam mengelola SEO. Jika kami dapat memanipulasi situs web berkualitas rendah ke dalam pencarian, kami dapat mempengaruhi keuntungan mereka, tidak peduli berapa banyak elemen non-organik yang mereka sertakan dalam pencarian.


ANTARA GARIS

OPTIMASI VS. MANIPULASI


Sebagai SEO, penting bagi kami untuk selalu memulai dengan niat pencari. Sebelum mengoptimalkan halaman untuk pencarian, pertama-tama kita harus mempertimbangkan apakah halaman tersebut benar-benar berada di bagian atas hasil pencarian. Jika tidak, usaha kita mungkin akan sia-sia karena dua alasan:


NO LONGEVITY

Google ingin mengembalikan hasil yang paling relevan untuk pencari. Kemenangan apa pun yang kami alami mungkin bersifat jangka pendek jika halaman kami tidak layak mendapat peringkat.


Kemampuan SEO KONTEN BURUK untuk menentukan peringkat halaman di bawah standar sebagian besar telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir, dan dapat menyebabkan hukuman jika dilakukan secara ekstrem (manipulasi).


SEO pada dasarnya sangat strategis: mengidentifikasi peluang dalam suatu industri, melakukan analisis pesaing, menerapkan dan menguji perubahan, melacak hasil.


Mungkin mudah untuk mendorong batas pengoptimalan, tetapi sekarang lebih penting daripada sebelumnya untuk tetap berpegang pada praktik terbaik SEO. Ikuti panduan Google untuk surat dan semangat.


Cara termudah untuk memanipulasi situs web ke puncak pencarian adalah dengan membangun tautan manipulatif, karena tautan memiliki dampak tertinggi pada peringkat.


Google bekerja keras untuk menjaga hasil pencarian mereka bersih dari praktik manipulatif ini dengan hukuman manual dan algoritmik (Penguin). Hukuman ini akan menghapus situs dari pencarian.


Ini berarti kita hanya perlu membuat tautan bermakna yang meningkatkan pengalaman manusia di web. Kita perlu mengamankan  tautan yang nyata dan relevan .  


LINK SINYAL DAN METRIK:

JAMINAN KUALITAS

Sinyal-dan-metrik


Semua mesin pencari menggunakan tautan sebagai sinyal peringkat inti dalam algoritme pencarian mereka.


Namun:


LEBIH BANYAK LINK LEBIH BANYAK PERINGKAT.


Banyak orang telah mencoba memainkan algoritma pencarian Google selama bertahun-tahun. Pada gilirannya, Google terus meningkatkan relevansi dan kualitas hasil pencarian mereka, menemukan cara baru untuk memotong kebisingan dan memberi peringkat pada hasil terbaik dan paling relevan.


Google meningkatkan pemahaman mereka tentang tautan dengan pembaruan algoritme utama. Khususnya, dengan pembelajaran mesin.


ALGORITMA LINK GOOGLE DIJUAL PENGUIN.


Dalam pembuatan link setiap SEO pasti bertanya, “apakah link ini akan berguna sekarang, dan akan terus memberikan nilai di masa depan?”


Ada berbagai cara untuk membangun tautan yang baik yang akan terus memberikan dampak positif pada situs web Anda.


Di Page One Power, kami melihat empat metrik utama untuk menentukan kualitas tautan:


RELEVANSI

TERHADAP AUDIENCE


NILAI MANUSIA

OTORITAS

& KEPERCAYAAN


PERTIMBANGAN TEKNIS

RELEVANSI DALAM KUALITAS LINK

Bukan kebetulan kami memimpin daftar metrik tautan kami dengan relevansi.


Google sering berbicara tentang relevansi: dalam hasil mereka, dalam memuaskan niat pengguna, dan memenuhi kebutuhan pengguna.


Kembali pada tahun 2012 seorang mantan Googler benar-benar mengatakan dalam sebuah wawancara dengan James Norquay bahwa "relevansi adalah PageRank baru".


Kami menentukan relevansi di Page One Power dengan mengajukan pertanyaan terkait, sebelum kami mengamankan tautan:


Apakah saya akan senang menunjukkan tautan ini kepada klien? Untuk anggota keluarga? Ke SEO lain?


Apakah tautan ini relevan dengan konteks di sekitarnya? Ke seluruh halaman? Seluruh domain?


NILAI MANUSIA DARI LINK

Tautan berkualitas menambah nilai ke web dengan meningkatkan pengalaman pengguna (manusia). Kami ingin setiap tautan yang kami buat bermanfaat bagi:


Situs yang menghubungkan

Penonton

Dan situs web Anda.


Jika kami mematuhi pembuatan tautan yang berharga bagi semua pihak, maka kami membuat web menjadi tempat yang lebih baik — sambil meningkatkan peringkat situs web klien kami.


OTORITAS & KEPERCAYAAN

Inti dari algoritma PageRank asli adalah otoritas dan kepercayaan. Semakin banyak tautan yang Anda miliki ke situs Anda, semakin berharga tautan Anda sendiri. Ini karena Google menganggap tautan sebagai tanda otoritas dan kepercayaan.


Oleh karena itu, saat Anda memperoleh lebih banyak tautan, Anda memperoleh lebih banyak otoritas dan kepercayaan. Meskipun hanya mesin pencari yang memiliki akses ke Algoritma PageRank, ada beberapa alat yang memungkinkan kita mengukur otoritas dan kepercayaan sebuah situs web:


Aliran Kepercayaan & Kutipan Majestic

Domain & Otoritas Halaman Moz

Seberapa Baik Peringkat Situs di Google


Menggabungkan semua metrik ini — bersama dengan pengalaman dan keahlian kami — memastikan kami membangun tautan yang berharga.


PERTIMBANGAN TEKNIS

Sebagai SEO, pertimbangan teknis selalu menjadi yang utama. Itu tidak berarti kami hanya dipandu oleh pertimbangan teknis, hanya saja kami menyadari dampaknya.


Kami akan menghindari tautan yang mungkin memiliki nilai penelusuran tetapi tidak memenuhi metrik kami yang lain (relevansi dan nilai manusia). Kami juga akan mengamankan tautan yang mungkin tidak berdampak banyak, jika ada, SEO ( tautan nofollow ), tetapi yang meningkatkan reputasi, jangkauan, dan nilai situs.


Kami menginginkan tautan yang akan dihargai oleh manusia DAN mesin telusur. Berikut adalah pertimbangan teknis tautan:


Kemampuan merangkak

Indeksasi

Tandai atribut

teks jangkar

Penempatan tautan

Elemen non-halaman


Setiap tautan yang kami buat sangat diteliti.


STRATEGI MEMBANGUN LINK:

MENGEMBANGKAN KAMPANYE

Link-building-strategi


Istilah "taktik" dan "strategi" sering digunakan secara bergantian di komunitas SEO, meskipun memiliki arti yang berbeda.


Dalam pembuatan tautan, taktik adalah metode yang digunakan untuk mengamankan tautan. Strategi adalah rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan Anda.


Sebelum Anda menentukan taktik, Anda memerlukan strategi.


Ada ratusan berbagai taktik pembuatan tautan termasuk pembuatan tautan rusak, reklamasi tautan, promosi konten, pembuatan tautan sumber daya, penjangkauan influencer, blogging tamu, dan lain-lain.


SEO atau pemasar kreatif selalu dapat mengamankan tautan.


Tidak cukup mengamankan tautan demi tautan. Anda perlu tahu mengapa Anda mengamankan tautan.


Halaman apa yang akan Anda buat tautannya? Kata kunci apa yang ditargetkan halaman? Seberapa kompetitif ceruknya? Peluang apa yang ada?


Jawab pertanyaan ini, dan Anda akan memiliki strategi kampanye pembuatan tautan. Anda tidak hanya akan tahu bagaimana Anda akan membangun tautan (taktik), Anda akan tahu mengapa (strateginya).


Inilah penelitian dan analisis yang harus Anda lakukan untuk membentuk strategi membangun tautan Anda:


Analisis Tautan Balik

Analisis Aset yang Dapat Ditautkan

Riset Kata Kunci

Analisis Ceruk

Tinjauan


Strategi jarang dibahas dalam SEO karena setiap strategi bervariasi dari klien ke klien, situs web ke situs web. Setiap rencana kampanye (strategi) harus disesuaikan dengan sasaran, aset, sumber daya, dan peluang Anda.


Tidak ada solusi pemotong kue. Tidak ada solusi skalabel satu ukuran untuk semua.


Sebaliknya, Anda harus menganalisis situasi unik situs web dan membuat keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan Anda.


Mari kita bahas penelitian dan analisis dasar yang harus Anda lakukan untuk membuat rencana strategis untuk memandu akuisisi tautan Anda.


ANALISIS BACKLINK

Langkah pertama untuk membuat strategi cerdas adalah memahami situasi Anda. Dalam pembuatan tautan, itu berarti profil backlink Anda.


Profil backlink Anda adalah komposisi dari semua tautan ke situs web dan halaman Anda.


Analisis backlink sangat penting dalam membuat strategi pembuatan tautan: Anda perlu memahami kualitas dan kuantitas tautan ke situs Anda.


Ada banyak alat yang akan membantu Anda menemukan situs dan halaman apa yang tertaut ke situs web Anda sendiri. Ini biasanya disebut sebagai "penjelajah backlink".


Penjelajah backlink populer:


Megah

Buka Penjelajah Situs

Ahrefs

SEO kognitif


Alat-alat ini berspesialisasi dalam membantu Anda menemukan tautan ke situs web dan halaman Anda.


Proses analisis profil backlink adalah dengan meninjau:


Berapa banyak situs web lain yang tertaut ke situs Anda (biasanya digambarkan sebagai "domain perujuk").

Kualitas domain pengarah.

Halaman mana di situs Anda yang paling banyak menerima tautan.

Kualitas tautan tersebut.

Jumlah total backlink situs web Anda dibandingkan dengan jumlah domain pengarah.

The  jangkar teks  profil backlink Anda.


Bergantung pada usia dan popularitas situs web Anda, serta ekonomi tautan di niche Anda, profil backlink Anda dapat sangat bervariasi.


Untuk pemula, saya merekomendasikan panduan ini untuk membantu Anda melalui audit backlink pertama kali:


Cara Mereview Backlink dengan Majestic the Backlink Explorer .

Link Building 101: Cara Melakukan Analisis Backlink .


Saya sangat menyarankan untuk melakukan analisis yang sama pada pesaing Anda juga. Kami akan membahas lebih banyak tentang ini di tahap analisis niche.


Setelah Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang profil backlink situs web Anda sendiri, Anda siap untuk melakukan analisis aset yang dapat ditautkan.


ANALISIS ASET YANG DAPAT DIHUBUNGKAN

Halaman mana yang Anda buat tautannya adalah salah satu elemen paling penting dalam pembuatan tautan.


Anda harus strategis tentang halaman mana yang Anda amankan tautannya. Halaman-halaman ini harus selaras dengan tujuan Anda.


Sayangnya, sangat jarang Anda dapat membuat tautan langsung ke halaman konversi atau uang Anda, karena dua alasan.


Situs web lain jarang ingin menautkan ke halaman produk dan layanan.

 Halaman produk dan layanan hanya menangkap satu jenis lalu lintas pencarian: niat membeli.


Jika Anda hanya menargetkan orang yang secara aktif mencari untuk membeli produk atau layanan pada saat itu, Anda kehilangan sebagian besar audiens pemasaran Anda.


Ini biasanya dikenal sebagai corong pemasaran.


Pembelian-corongIni biasanya dikenal sebagai  saluran pemasaran .


Agar berhasil membangun tautan di seluruh industri Anda, Anda memerlukan halaman yang oleh SEO disebut sebagai " aset yang dapat ditautkan ".


Aset yang dapat ditautkan adalah halaman di situs web Anda yang memberikan nilai kepada audiens, niche, dan komunitas Anda.


Halaman-halaman ini dapat menawarkan nilai dalam berbagai cara. Mereka dapat berupa panduan, daftar, video, alat, sumber daya, acara, sponsor, testimonial, dll.


Anda ingin menemukan halaman yang ingin ditautkan oleh situs web lain jika mereka tahu bahwa mereka ada.


Aset Anda yang dapat ditautkan harus:


Tawarkan nilai yang menarik dan ciptakan peluang tautan.

Memberikan kesempatan untuk membangun pelanggan dan klien.


Itu tidak akan selalu menjadi kesempatan langsung untuk menciptakan pelanggan atau klien. Ingat saluran pemasaran kami di atas; seringkali, aset yang dapat ditautkan menargetkan bagian kesadaran dan minat dari corong, membantu menciptakan kesadaran dan afinitas merek.


Menemukan aset yang dapat ditautkan sering kali bermuara pada menemukan halaman yang populer di kalangan audiens Anda, dan menawarkan jawaban yang bagus untuk frasa yang sering ditelusuri di industri Anda.


Seringkali, Anda dapat menemukan halaman ini dengan meninjau:


Halaman bersama teratas Anda (dengan BuzzSumo ). 

Halaman teratas yang Anda kunjungi (dengan Google Anlaytics ). 

Halaman tertaut teratas Anda (dengan penjelajah backlink ). 


Untuk pemula yang menganalisis aset yang dapat ditautkan untuk pertama kalinya, saya sarankan:


Tiga Langkah Sederhana Untuk Menemukan Halaman Link Layak .

Cara Menemukan Aset yang Dapat Ditautkan di Situs Perusahaan Besar .

Pembuatan Tautan Bukanlah Ajaib: Pentingnya Menjadi Tautan Layak .


Tujuan Anda dalam tahap penelitian dan analisis ini adalah untuk menemukan halaman yang berhasil Anda buat tautannya, dan melayani tujuan bisnis Anda.


PENELITIAN KATA KUNCI

Penelitian kata kunci  adalah bagian penting dari setiap strategi SEO.


Anda perlu mengidentifikasi kata kunci yang penting bagi industri dan situs web Anda. Bagaimana orang menggunakan penelusuran untuk menemukan informasi tentang industri Anda?


Riset kata kunci mengidentifikasi kata-kata penting yang digunakan audiens Anda untuk mencari secara online.


Riset kata kunci terkait langsung dengan hasil pencarian yang menjadi peringkat situs web Anda. Pengoptimalan adalah inti dari SEO, tetapi Anda tidak dapat mengoptimalkan kecuali Anda memahami istilah yang harus Anda optimalkan di seluruh situs dan halaman Anda.


Ada banyak alat untuk membantu Anda melakukan riset kata kunci:


Perencana Kata Kunci AdWords .

SEMrush .

Penjelajah Kata Kunci Moz .

Penjelajah Kata Kunci Ahref .

Pencuri Kata Kunci .


Untuk pembuatan tautan, tujuan Anda dalam penelitian kata kunci adalah untuk mengidentifikasi:


Tema kata kunci penting untuk industri Anda.

Halaman di situs Anda disesuaikan dengan kata kunci tersebut.

Situs lain dengan relevansi yang tumpang tindih dalam tema kata kunci Anda.

Peluang konten dalam tema kata kunci yang teridentifikasi.


Sumber daya untuk membantu pemula mempelajari riset kata kunci:


Penelitian Kata Kunci Pesaing Menggunakan SEMrush .

Panduan Penjelajah Kata Kunci Moz .

Riset Kata Kunci untuk SEO: Panduan Definitif .

Panduan Pemula untuk SEO: Riset Kata Kunci .

Bagaimana Melakukan Riset Kata Kunci SEKARANG.


Ini adalah topik mendalam yang dapat Anda habiskan banyak waktu dalam SEO. Untuk pembuatan tautan, saya sarankan untuk berfokus pada halaman yang Anda rencanakan untuk membuat tautan (aset yang dapat ditautkan).


ANALISIS NICHE

Menganalisis industri, ceruk, dan persaingan Anda sangat penting untuk setiap strategi membangun tautan.


Tidaklah cukup untuk memahami kinerja dan tujuan situs web Anda sendiri. Anda perlu memahami bagaimana pesaing Anda mencapai tujuan mereka, serta komunitas dan peluang di ceruk pasar Anda.


Saatnya untuk melihat bagaimana Anda menumpuk untuk kompetisi.


Analisis ceruk adalah ulasan tentang ceruk, industri, dan persaingan Anda.


Anda telah belajar bagaimana melakukan penelitian kata kunci, analisis backlink, dan analisis aset yang dapat ditautkan. Sekarang lakukan hal yang sama pada pesaing Anda.


Tujuan Anda adalah untuk belajar:


Kata kunci mana yang mengarahkan lalu lintas ke pesaing Anda.

Halaman pesaing dengan tautan terbanyak.

Jenis situs yang tertaut ke pesaing Anda.

Bagaimana pesaing Anda mengamankan tautan.

Komunitas aktif dalam industri Anda.


Anda perlu memahami apa yang menyebabkan kesuksesan dalam persaingan, peluang hubungan di seluruh niche Anda, taktik tautan penting, dan lingkungan tautan umum.


TINJAUAN DAN BUAT STRATEGI

Tidak ada formula untuk membuat strategi membangun tautan yang unggul.


Dibutuhkan penelitian dan analisis khusus untuk menentukan peluang, sumber daya, dan tantangan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.


Jika Anda telah menginvestasikan waktu dan energi untuk menganalisis aset yang dapat ditautkan, profil backlink, kata kunci, dan kompetisi, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang proyek tersebut.


Sekarang saatnya untuk membuat strategi membangun tautan Anda.


Strategi membangun tautan adalah rencana yang Anda buat untuk mencapai tujuan Anda dan memenuhi harapan proyek, dengan sumber daya yang disebutkan.


Tidak ada yang tersisa untuk dilakukan selain menyatukan potongan-potongan untuk melihat gambaran besarnya.


Inilah yang harus Anda tinjau sebelum meluncurkan kampanye:


Sejarah Situs Web:

Profil Tautan Balik.

Aset yang Dapat Dihubungkan.

Kata Kunci Industri.

Lanskap Kompetitif:

Kata Kunci Penting.

Cari Pesaing.

Keberhasilan pesaing.

Niche menghubungkan lingkungan.

Peluang hubungan.

Peluang Tautan:

Nilai Bisnis Unik.

Hubungan yang ada.

Inisiatif yang sedang berlangsung.


TAKTIK MEMBANGUN LINK:

TIPS UNTUK MENGAMANKAN LINK

Taktik membangun tautan


Istilah pembuatan tautan sebenarnya berlawanan dengan intuisi, karena kami tidak mengontrol pembuatan tautan berkode.


Pembuatan tautan manual adalah pemasaran antarmanusia, mempromosikan halaman Anda ke pemilik situs lain dengan tujuan mengamankan tautan.


Agar memiliki nilai yang bermakna dan bertahan lama, tautan harus: editorial, relevan, dan bermanfaat.

 

Tautan harus sesuai dengan kebijaksanaan situs yang menautkan, relevan dengan halaman dan konteks di mana ia muncul, dan menawarkan nilai kepada pemirsa situs itu.


Jika Anda menyertakan ketiga elemen ini dalam proses pembuatan tautan, Anda akan mengamankan tautan yang berharga. Tautan yang akan membantu pemasaran Anda dan visibilitas mesin pencari.


Tetapi bagaimana Anda mengamankan tautan ini? Ada seribu metode berbeda, sering disebut sebagai taktik membangun tautan.


Mari kita lihat beberapa contoh umum tentang cara mengamankan tautan berkualitas. Cara umum untuk menciptakan nilai — dan dengan demikian menghubungkan — termasuk menciptakan sumber daya yang berharga bagi industri Anda, pemasaran konten , dan berkontribusi pada komunitas Anda.

LINK MELALUI SUMBERDAYA

Menciptakan sumber daya yang bernilai industri adalah taktik fantastis untuk mengamankan tautan.


Sumber daya online memiliki berbagai bentuk: daftar pilihan, alat, panduan kompleks, dokumen yang sering dibutuhkan, dan banyak lagi.


Nilainya sangat mudah: buat halaman yang berfungsi sebagai sumber daya berharga untuk pasar, ceruk, dan komunitas Anda.


SEO dapat menginformasikan pembuatan halaman sumber daya melalui penelitian kata kunci, analisis pesaing, serta analisis backlink.


Setelah sumber daya dibuat dan ditayangkan, Anda mempromosikan halaman di seluruh niche Anda. Promosi harus secara khusus menargetkan situs dan halaman yang tertaut ke sumber daya khusus yang serupa.


Proses langkah demi langkah sederhana untuk membangun tautan sumber daya:

 

Niche penelitian untuk mengidentifikasi kesenjangan.

Analisis minat dan peluang tautan.

Buat sumber daya, dengan fokus pada nilai pengguna.

Penjangkauan yang ditargetkan dengan pesan yang jelas untuk menjelaskan nilai sumber daya untuk mendapatkan tautan berkualitas.

 

Ada beberapa spin-off dari taktik ini, untuk menyederhanakan proses atau mengubah sudut promosi:

 

Perbarui sumber daya lama atau mati untuk menangkap tautan yang sudah ada (ditemukan melalui penelitian).

Mulai kampanye penjangkauan baru dengan sumber daya yang sudah ada, tetapi berkinerja buruk.

Temukan tautan ke sumber daya serupa dan beri tahu pemilik situs, menyarankan sumber daya Anda.

Temukan tautan yang rusak, beri tahu pemilik situs, dan sarankan sumber daya Anda sebagai bagian dari perbaikan.

LINK MELALUI KONTEN

Menyumbangkan konten ke publikasi, blog, dan situs web yang relevan adalah taktik membangun tautan umum lainnya.


Anda memberikan konten yang berharga sebagai imbalan atas paparan audiens baru dan tautan kembali ke situs Anda.


Contoh tipe konten yang biasa digunakan:


Sebuah posting blog

Wawancara

Sebuah infografis

Liputan berita

Atau video.


Proses khas untuk mengamankan tautan melalui kontribusi konten:


Identifikasi blog, publikasi, atau situs berita khusus industri.

Pitch konten Anda ke kontak yang sesuai.

Buat konten.

Edit konten sesuai kebutuhan.

Kirim konten untuk publikasi.

Bekerja dengan editor sesuai kebutuhan.

Memantau hasil publikasi.


Konten harus memberi Anda kesempatan untuk menautkan kembali ke situs Anda sendiri, baik sebagai sumber daya yang disematkan di dalam konten maupun sebagai bagian dari bio untuk menjelaskan kepada audiens siapa Anda.


Metode pembuatan tautan ini harus digunakan untuk menargetkan situs web otoritas tinggi dalam niche Anda. Ini adalah metode pembuatan tautan yang lebih lambat, tetapi dapat membuat tautan yang benar-benar hebat dan visibilitas tinggi.


Ini juga merupakan metode yang fantastis untuk membina hubungan, membangun audiens, dan membangun reputasi di seluruh industri Anda.


LINK MELALUI KOMUNITAS

Keterlibatan aktif di komunitas Anda adalah taktik umum lainnya untuk mendapatkan tautan berkualitas.


Tidak ada perusahaan yang boleh beroperasi dalam silo. Saat Anda membangun hubungan di seluruh industri Anda, situs Anda secara alami akan memperoleh tautan.


Hubungan dan keterlibatan komunitas bukanlah sesuatu yang dapat Anda buat atau manipulasi hanya demi tautan. Namun, jika Anda aktif dan secara konsisten terlibat dalam acara komunitas, Anda harus membangun tautan yang berkualitas.


Beberapa contoh umum taktik membangun tautan komunitas:


Memberikan beasiswa.

Tuan rumah atau hadiri acara industri.

Hadir di pameran dagang, konferensi, atau pertemuan.

Adakan giveaway atau kontes.

Bermitra dengan bisnis lain.


Langkah-langkah khas untuk mendapatkan tautan melalui keterlibatan komunitas:


Identifikasi keterlibatan saat ini dan di mana bisnis Anda menambah nilai bagi komunitas Anda.

Analisis kemitraan, asosiasi, hubungan, acara bisnis Anda, dan identifikasi peluang tautan.

Menjangkau mitra dan situs industri sesuai kebutuhan, meminta tautan yang masuk akal.


Ini biasanya merupakan taktik jangka panjang. Anda harus meneliti dengan cermat cara bisnis Anda menambah nilai bagi komunitas — biasanya, setidaknya ada beberapa peluang tautan seputar acara komunitas.



"LINK MEMBANGUN ADALAH KERAS PLUS KREATIVITAS."


Tidak ada jalan pintas rahasia untuk mengamankan tautan online.


Untungnya, banyak komunitas SEO yang bersedia berbagi pengalaman, keahlian, dan eksperimen mereka.


Ada banyak informasi online, dan banyak SEO telah menyusun daftar sumber daya favorit mereka.


Berikut adalah daftar sumber daya pembuatan tautan yang kami rekomendasikan:


Kesimpulan :

Tidak ada jalan pintas rahasia untuk mengamankan tautan berkualitas. Anda harus mengidentifikasi bagaimana situs web Anda menambahkan nilai ke web, peluang yang ada dalam niche Anda, dan mengamankan tautan yang layak didapatkan oleh situs web Anda.


Dengan sedikit kreativitas, penelitian, analisis, dan pembuatan tautan strategi dapat membuat perbedaan yang dibutuhkan situs web Anda.


Setiap tautan harus berguna untuk situs web Anda, tautan situs web, dan audiens mereka.


Tautan berkualitas akan membantu situs web Anda mendapatkan lalu lintas organik yang berarti dari penelusuran Google.


Ada banyak faktor lain dalam SEO, tetapi tautan tetap menjadi bagian integral dari strategi SEO apa pun.


Membangun tautan adalah sains dan seni: pengetahuan teknis dan keterampilan analitis diperlukan, tetapi elemen yang menentukan adalah kreativitas manusia.


Subscribe Our Newsletter