-->

Panduan Membut Conten Blog Standar Seo

panduan membut content blog standar seo

Panduan membuat kontent blog

Apa itu robot mesin pencari?Sebuah  robot mesin pencari  (juga disebut sebagai  bot ,  crawler , atau  spider ) adalah alat yang mesin pencari, seperti Google atau penggunaan Bing untuk mengumpulkan informasi tentang situs dan menambahkannya ke database-nya.

Robot mesin pencari mirip dengan browser web dalam cara mereka beroperasi kecuali bahwa mereka tidak memerlukan interaksi manusia.


Bot mengakses halaman web sebagian besar melalui tautan yang ditempatkan di situs web lain atau peta situs XML. Robot mesin pencari yang paling populer, tentu saja, adalah  perayap Google . 


Apa itu peta situs XML?

Peta  situs XML  adalah file teks yang memberi tahu robot mesin pencari halaman mana yang harus diindeks. Peta situs XML juga dapat menyediakan tautan ke jenis konten lain seperti video atau gambar.


Peta situs XML memberi tahu Google (atau mesin pencari lainnya) tentang halaman web terpenting dari situs web. Tujuan dari peta situs adalah untuk membantu mesin pencari menemukan halaman web dari situs web. 


PRO INSIGHT: Peta   situs XML sangat penting untuk situs web besar yang memiliki arsitektur informasi mendalam. Situs web kecil (hingga beberapa ratus halaman web) dapat melakukannya tanpa peta situs XML. Namun, itu masih merupakan praktik yang baik untuk memilikinya!


Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang  peta situs XML langsung dari Google di sini .


Apa itu robots.txt?

Sebuah  robots.txt  file memberitahu pencari bots mesin yang halaman atau file harus atau tidak harus dijelajahi. Perhatikan bahwa tujuan robots.txt adalah untuk melindungi situs web Anda agar tidak membebaninya dengan permintaan. Ini bukan cara untuk menjauhkan halaman web dari indeks Google.


KIAT PRO:  Kesalahan SEO yang sangat umum adalah menggunakan robots.txt untuk memblokir URL dari pengindeksan. Untuk memblokir URL dari pengindeksan, Anda harus menambahkan tag meta robots “noindex” ke dalamnya. 


Saya sarankan Anda membaca pengantar Google untuk robots.txt .


Apa itu URL kanonik?

Sebuah  URL kanonik  (juga disebut sebagai  tag kanonik  atau  link yang kanonik ) adalah URL dari halaman web yang utama atau “disukai” versi bagian tertentu dari konten.


Dasar-dasar SEO: URL kanonik

Ini membantu mencegah masalah duplikat konten ketika ada banyak halaman web serupa di situs web.


Apa itu kanonikalisasi?

Dalam SEO,  kanonikalisasi  adalah proses di mana, dari sejumlah URL yang serupa, satu URL dipilih sebagai yang utama dan representasi dari URL lainnya. 


Salah satu cara untuk membantu mesin pencari memilih satu URL di atas yang lain adalah dengan menggunakan elemen tautan kanonik. Namun, ini hanya hit dan Google masih dapat memilih URL lain sebagai kanonik jika dianggap lebih relevan. 


KIAT PRO:   Untuk memeriksa URL yang dipilih Google sebagai kanonik, Anda dapat menggunakan alat pemeriksaan URL di Google Search Console. 


Apa itu tag meta?

Meta tag  (juga disebut sebagai  metadata ) memberikan informasi tentang halaman web ke mesin pencari. Meta tag praktis tidak terlihat oleh pengguna dari tingkat halaman web karena mereka sebenarnya adalah potongan kecil kode.


Meta tag yang paling penting adalah  meta title ,  meta description,  meta robots ,  meta viewport,  dan  meta charset .


KIAT PRO:  Dalam kasus banyak situs web, pengoptimalan tag meta adalah kemenangan cepat dalam hal SEO. 


KIAT PRO 2:  Tag meta harus berisi kata kunci penting dan relevan.  


Mesin pencari menggunakan informasi yang terkandung dalam meta tag untuk menampilkan halaman web di  SERPs . 


Meta tag juga membantu mesin pencari lebih memahami tentang halaman web. Konten meta tag yang berkualitas tinggi dan dapat diklik dapat membantu meningkatkan RKT halaman web. 

Apa tag judulnya?

Tag judul adalah elemen HTML yang memberi tahu pengguna dan perayap apa judul halaman Anda. Itu yang ditampilkan sebagai judul utama yang dapat diklik saat Anda mencari sesuatu di Google.


Tag judul penting untuk SEO dan klik-tayang, tetapi mereka lebih penting bagi pengguna Anda daripada perayap karena ketika mereka menempatkan tautan di posisi teratas, mereka mempertimbangkan seluruh konten halaman. Sebaliknya, pengguna online mungkin akan memutuskan untuk mengklik setelah membaca judulnya.

Apa itu teks ALT?

Teks ALT (teks alternatif)  adalah atribut HTML yang digunakan untuk menggambarkan tampilan dan konten gambar yang digunakan pada sebuah situs web. 


KIAT PRO:   Ingatlah bahwa teks ALT bukanlah tempat untuk memasukkan kata kunci Anda, tetapi untuk mendeskripsikan gambar. 


Teks ALT penting baik bagi pengguna pembaca layar dan robot mesin pencari karena menyampaikan makna gambar. 


Apa itu heading?

Judul  membantu pengguna dan robot mesin pencari lebih memahami konten halaman web. Ada lima jenis heading (dari H1 hingga H5) dengan tag H1 menjadi yang paling penting.


KIAT PRO:   Judul juga sangat berguna bagi pengguna pembaca layar. 

Judul menentukan bagian yang berbeda dari halaman web dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Mereka harus berisi kata kunci yang Anda optimalkan untuk halaman web tertentu.  


Anda dapat memperlakukan judul sebagai bab dalam sebuah buku di mana halaman web adalah buku itu. 


Apa itu teks jangkar?

Anchor text adalah konten (biasanya hanya beberapa kata) yang di-hyperlink ke halaman web lain. Anchor text idealnya harus relevan dengan topik halaman atau konten yang ditautkannya. Ini dapat diklik dan biasanya menonjol dari konten lainnya karena warnanya berbeda dan digarisbawahi, meskipun Anda dapat memilih untuk memadukannya dalam konten.


Ada berbagai jenis teks jangkar, termasuk sama persis, sebagian cocok, dan umum (seperti klik di sini). Teks jangkar yang relevan membantu pengguna dan perayap memahami bagaimana konten saat ini terhubung ke halaman web yang ditautkannya. Misalnya, tautan saya ke panduan Pengalaman Halaman Google berisi teks jangkar yang relevan.


Apa itu data terstruktur?

Data terstruktur  dalam konteks SEO hanya mengacu pada penyediaan informasi tentang halaman web atau konten di dalamnya dalam format tertentu, dalam hal ini  Schema.org .


Data terstruktur tidak secara langsung meningkatkan peringkat tetapi beberapa di antaranya dapat memengaruhi tampilan halaman web di hasil penelusuran. 


panduan seo hasil kaya data terstruktur

KIAT PRO:   Berkat data terstruktur, laman web memenuhi syarat untuk hasil kaya, yang dapat meningkatkan daya tarik cuplikannya di SERP dan membuatnya lebih dapat diklik. 


Dengan cara ini, data terstruktur membantu mesin telusur lebih memahami tentang halaman web dan topik atau judul lain yang terkait dengannya. 


Apa itu navigasi remah roti?

Navigasi  remah roti  (juga dikenal hanya sebagai remah roti ) adalah jenis navigasi sekunder yang membantu pengguna lebih memahami lokasi mereka dalam struktur situs web.


KIAT PRO:   Breadcrumb adalah elemen penting dari struktur tautan internal yang benar. 


Biasanya terletak di bagian atas halaman web dan berisi tautan ke halaman tingkat yang lebih tinggi seperti kategori atau beranda.


Apa itu pengindeksan yang memprioritaskan seluler?

Pengindeksan yang memprioritaskan seluler  berarti bahwa Google memperhitungkan versi seluler situs dalam hal perayapan, perenderan, pengindeksan, dan pemberian peringkat. 


Di masa lalu, sebagian besar pengguna melihat situs web dari komputer desktop mereka, jadi Google terutama menggunakan versi desktop untuk mengindeks dan memberi peringkat situs. Sekarang mayoritas pengguna Internet menggunakan perangkat seluler, sehingga versi seluler telah menjadi "default" baru.


KIAT PRO:  Anda harus menganggap pengindeksan yang memprioritaskan seluler sebagai pengindeksan "khusus seluler". 


Di Google Search Console, Anda dapat memeriksa apakah situs web Anda telah dialihkan ke seluler. Buka saja  Cakupan  dan periksa apakah  perayap Utama  mengatakan  Seluler  atau  Desktop .

Subscribe Our Newsletter