-->

Inilah Senjata Rahasia Qualcomm untuk Menandingi Apple M1





Inilah Senjata Rahasia Qualcomm untuk Menandingi Apple M1-CEO Qualcomm Cristiano Amman memiliki rencana besar untuk menghadapi Apple M1. Dia membual untuk mengalahkan kinerja chip Apple untuk laptop.

Dilaporkan oleh Reuters pada hari Minggu (4/7/2021) Amon percaya Qualcomm dapat membuat prosesor terbaik di dunia, yaitu dengan merancang chip yang lebih baik daripada Apple M1. Senjata Rahasia Amon untuk mengalahkan Apple adalah Nuvia, yang mereka dapatkan senilai USD 1,4 miliar.


Tepatnya adalah sosok di belakang Nuvia, yang didirikan oleh tiga mantan insinyur Apple yang spesialisasinya merancang chip dan memang terlibat dalam desain desain sistem sistem Apple (SOC).



Pendiri ketiga Nuvia sekarang bergabung dengan Qualcomm, dan berfokus pada pengembangan chip untuk komputer kelas konsumen. Meskipun Qualcomm tidak memberhentikan kemungkinan lisensi chip untuk pusat data.




Tidak hanya itu, Amon juga percaya bahwa pengalaman Qualcomm dalam membuat modem 5G dan prosesor untuk ponsel akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk laptop, salah satunya adalah dengan menyediakan konektivitas 5G dalam chip untuk laptop.


Jaringan internet 5G, atau koneksi seluler lainnya, memang tidak dilakukan Apple di garis Mac dengan chip M1. Tetapi jangan lupa, mereka memiliki iPad pro dengan chip M1 yang memiliki koneksi 5G.


Tampaknya Qualcomm ingin meningkatkan dominasinya di ranah chip hanya dari sebuah chip untuk ponsel menjadi sebuah chip untuk laptop. Tetapi langkah ini tentu membutuhkan banyak upaya tambahan dari Qualcomm.


Microsoft memanglah memakai chip buatan Qualcomm di Surface Pro X, yang dipamerkan di acara peluncuran Windows 11. Tapi sejauh ini laptop dengan chip Qualcomm masih sangat kecil dan masih dikendalikan oleh Intel dan AMD.


Intel tidak akan tinggal diam pada langkah Qualcomm ini. Mereka sedang mempersiapkan CPU hibrida seperti chip lengan. Itu adalah prosesor yang menggunakan kombinasi cloud core dengan inti penghematan daya untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi prosesor.

Subscribe Our Newsletter