-->

Cara Menghasilkan Uang Dengan Menjual Produk Digital Secara Online


Cara Menghasilkan Uang Dengan Menjual Produk Digital Secara Online


Era Digital yang serba online telah menjadi alat yang ampuh untuk menghasilkan uang. Salah satu alasan utama untuk ini adalah orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk online, sambil juga meneliti dan bahkan membeli produk tanpa pernah meninggalkan rumah mereka.


Dengan banyaknya calon pelanggan online, tidak heran jika ada begitu banyak potensi orang untuk memulai bisnis mereka sendiri.


Meskipun ada banyak pendekatan berbeda di luar sana, salah satu idenya adalah menghasilkan uang dengan menjual produk digital secara online. Produk digital menawarkan sejumlah keunggulan, terutama karena mudah dijual dan diakses.


Dalam bidang ini, perlu juga dipertimbangkan apakah Anda membuat produk digital sendiri atau menjual produk buatan orang lain. Namun, terlepas dari metode penjualannya, seberapa efektifkah produk digital untuk menghasilkan uang?


Menghasilkan Uang dengan Menjual Produk Digital Secara Online


Dalam posting ini, kita akan melihat mengapa produk digital dapat bekerja dengan baik dan cara yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang. Kami berfokus pada teknik realistis, teknik yang seharusnya berhasil.




Produk Fisik versus Digital Online
Sebagai aturan umum, ada dua jenis produk yang Anda temukan dijual online: fisik dan digital.

Produk digital adalah produk yang sepenuhnya ada secara online. Jadi, seseorang yang membeli produk itu tidak akan mendapatkan apa pun yang dikirim ke rumah mereka. Misalnya, produk seperti ini termasuk eBook, pelatihan online, game, video, atau paket grafik.




Sebaliknya, ketika seseorang membeli produk fisik, mereka akan mendapatkan beberapa jenis barang - bantal, bola tenis, cangkir. Anda mendapatkan ide LOL.

Dari kedua jenis tersebut, produk fisik cenderung melibatkan lebih banyak pekerjaan untuk seseorang. Secara khusus, barang-barang itu harus dibuat, dikemas, dan dikirim.
Pada saat yang sama, ada tantangan tambahan yang terlibat dalam mengelola inventaris dan menangani masalah pengembalian dana. Karena faktor-faktor ini dan biaya fisik pembuatan produk, produk digital cenderung memiliki margin keuntungan yang jauh lebih tinggi daripada produk fisik.

Dalam kebanyakan kasus, bahkan dimungkinkan untuk menjual produk digital yang sama beberapa kali (seperti eBook) tanpa pekerjaan tambahan.
Fitur ini sangat kuat karena memungkinkan untuk meningkatkan penjualan produk digital tanpa menambah biaya atau seberapa banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan.

Misalnya, jumlah pekerjaan yang terlibat dalam menjual satu eBook di sebuah situs akan serupa dengan menjual 100 atau 1.000 buku tersebut. Sebaliknya, pekerjaan yang terlibat dalam penjualan perhiasan buatan tangan akan sangat bervariasi berdasarkan penjualan.

Jual Buku Digital Anda Sendiri Secara Online

Misalnya, saya membuat ebook tentang menghasilkan uang secara online yang disebut Money Blog . Saya pernah menulisnya (yang memakan waktu lama), tetapi sekarang sudah ada di Amazon.com dan saya melakukan penjualan setiap hari. Saya tidak perlu mencetak lebih banyak buku atau mengirimkan apa pun kepada siapa pun. Amazon menangani semuanya dan saya hanya menangani promosi (ditambah pembaruan buku dari waktu ke waktu).


Jika Anda ingin membuat buku kindle Anda sendiri, saya sarankan Anda melihat posting saya tentang menghasilkan uang dengan menjual buku kindle . Atau Anda dapat langsung bergabung dan mengambil kursus luar biasa tentang penerbitan sendiri dari Chandler Bolt.


Membuat ebook digital untuk dijual di Clickbank atau JVZoo sangat sederhana. Format ebook hanyalah PDF yang Anda unggah ke situs web mereka (dengan biaya tentu saja). Saya belum pernah menjual buku di sana sebelumnya, tetapi ada batasan yang jauh lebih sedikit terkait dengan pemformatan.


Amazon Kindle cukup ketat, tetapi Anda memiliki lebih banyak kebebasan dengan dua pasar digital yang disebutkan di atas.


Anda, tentu saja, membutuhkan ide dan keahlian untuk menulis informasi yang baik dalam buku tersebut, atau uang untuk membayar seseorang untuk menulisnya. Misalnya, Anda dapat menulis sebuah ebook tentang bagaimana mempersiapkan rumah Anda untuk menghadapi tornado dan menjualnya secara online.





Atau Anda dapat membuat eBook tentang cara menyeduh root beer di rumah, atau bahkan cara membuka kunci iPhone. Kemungkinannya tidak terbatas. Seringkali, meskipun Anda dapat menemukan informasi ini secara online gratis, orang-orang akan membayar info berkualitas tinggi dengan gambar dalam format yang mudah dicerna.


Tetapi semua itu lebih tentang sisi pemasaran dan bagaimana Anda memasarkan ebook Anda, yang tidak akan saya bahas dalam posting ini. Hal utama yang dapat diambil dari bagian ini adalah jika Anda mengetahui banyak tentang sesuatu, Anda cukup menuliskan ide atau instruksi Anda di komputer dan menjualnya secara online.


Bagian tersulit dari persamaan itu ada dua: 1) Mendapatkan lalu lintas ke halaman penjualan Anda dan 2) Mengubah pengunjung menjadi pembeli.


Tanpa Produk Digitalpun Anda Bisa Jual Produk Digital


Saya tidak membuat ebook saya sampai saya telah menghasilkan uang secara online selama lebih dari 5 tahun. Sebaliknya, saya memulai dengan cara yang sangat efektif untuk menghasilkan uang yang disebut pemasaran afiliasi. Dengan pemasaran afiliasi ini, Anda tidak bertanggung jawab langsung untuk membuat atau mengelola produk, terlepas dari apakah itu fisik atau digital.

Sebaliknya, Anda bertindak sebagai perantara, mengarahkan orang ke situs perusahaan yang Anda promosikan. Sebagai pemasar, pengalaman Anda akan serupa, terlepas dari apakah Anda menjual produk fisik atau digital.




Anda hanya mengarahkan lalu lintas ke halaman penjualan. Penjual akan mengurus sisanya. Anda mendapatkan kredit untuk penjualan melalui "tautan afiliasi" Anda, yang disediakan oleh penjual.

Namun, dalam posting ini, kami sebagian besar berfokus pada produk digital dan potensi Anda untuk menghasilkan uang dengannya. Lagi pula, ada begitu banyak variasi dari produk-produk ini di luar sana dan permintaannya sangat tinggi.


Menjual Produk Anda Sendiri Secara Online: Buku, Video, Kursus


Sebagai aturan umum, membuat dan menjual produk Anda sendiri selalu lebih sulit daripada menjual produk dari orang lain. Namun, jika Anda memiliki sesuatu yang berharga untuk dijual, pendekatan ini bisa menarik.

Seperti disebutkan di atas, banyak orang membuat eBook yang mereka jual secara online, tetapi Anda juga dapat menjual barang-barang seperti grafik , foto , dan bahkan kursus pelatihan. Udemy adalah tempat yang sangat keren di mana Anda dapat membuat seluruh kursus tentang apa saja, lalu mengunggahnya dan menjualnya di platform mereka.

Salah satu hal rumit dalam menjual produk Anda sendiri adalah mengembangkan reputasi. Ada banyak produk digital di luar sana dan Anda harus dapat menunjukkan kepada orang-orang bahwa milik Anda layak untuk diinvestasikan.




Dalam beberapa kasus, adalah mungkin untuk memberi orang penggoda tentang apa yang akan mereka bayar tetapi bahkan kemudian, benar-benar mendapatkan penjualan lebih awal kemungkinan akan menjadi tantangan.

Agar berhasil menjual produk digital Anda sendiri, penting untuk meluangkan waktu untuk meneliti persaingan yang ada di luar sana dan bagaimana produk Anda berdiri. Secara realistis, Anda ingin menciptakan sesuatu yang kompetitif, atau setidaknya unik, dibandingkan dengan yang lain yang ada di luar sana. Anda dapat melakukan penelitian awal sebelumnya untuk mengetahui hal ini.

Tetapi jangan menjual diri Anda sendiri jika Anda merasa persaingannya ketat! Terkadang Anda hanya perlu melakukan sesuatu untuk mengetahui cara menghasilkan konten, kemudian Anda dapat meningkatkan produk Anda nanti, atau memasuki ceruk yang berbeda.

Pada saat yang sama, jika Anda menjual produk Anda sendiri, Anda harus menyiapkan beberapa jenis sistem e-commerce. Artinya, Anda harus memiliki cara agar orang benar-benar melakukan pembelian dan mengirimkan produk digital kepada mereka.

Ada banyak cara berbeda untuk mencapai ini, seperti plugin yang ada di situs WordPress Anda dan layanan yang dapat Anda daftarkan seperti Shopify .

Sekarang, sebagian besar pendekatan ini akan melibatkan biaya sampai taraf tertentu. Demikian juga, Anda mungkin menghadapi beberapa overhead dalam membuat produk, terutama jika Anda melakukan outsourcing untuk beberapa tugas.



Namun demikian, sebagian besar biaya overhead ini relatif rendah dan margin keuntungan untuk produk digital bagus - asalkan Anda dapat melakukan penjualan.

Menjual Produk Orang Lain
Hal yang menarik tentang menjual produk dari orang lain adalah Anda tidak perlu khawatir untuk benar-benar membuatnya dan Anda juga tidak perlu mengelola sisi eCommerce mana pun. Ini berarti Anda tidak perlu memiliki keranjang belanja di situs web Anda atau semacamnya.

Di saat yang sama, Anda juga dapat memanfaatkan reputasi perusahaan yang Anda promosikan. Dalam banyak kasus, orang mungkin sudah pernah mendengar tentang perusahaan itu dan apa yang mereka tawarkan. Ini dapat mempermudah orang-orang tertarik dengan situs Anda dan meyakinkan mereka untuk membeli.

Meski demikian, ada juga kerugiannya.

Dengan produk orang lain, Anda tidak memiliki kendali atas kualitas dan Anda memiliki sedikit pengaruh atas pengalaman yang dimiliki pelanggan. Namun, kedua area tersebut akan memengaruhi cara orang melihat Anda dan situs Anda.

Anda harus melakukan riset awal tentang produk, dan bahkan mungkin membelinya untuk memberikan pendapat jujur ​​Anda tentang produk tersebut, tetapi produk yang lebih baru dan lebih baik mungkin dirilis, jadi penting sebagai pemasar bahwa Anda mengikuti tren!



Jika ini adalah kursus digital yang mengajarkan sesuatu, Anda mungkin perlu memeriksa dari waktu ke waktu untuk melihat apakah sudah diperbarui.

Masalah tambahannya adalah jumlah yang Anda hasilkan seringkali lebih kecil daripada jika Anda memiliki produk. Secara khusus, pemasaran afiliasi berarti Anda biasanya mendapatkan persentase dari jumlah produk yang dijual.

Jadi, item tiket besar akan menghasilkan lebih banyak keuntungan tetapi Anda tetap hanya mendapatkan persentase. Anda dapat memperoleh sedikitnya 5% atau sebanyak 200% tergantung pada apa yang Anda promosikan.

Sebaliknya, jika Anda menjual produk Anda sendiri, Anda mendapatkan sebagian besar keuntungan (dikurangi biaya apa pun yang Anda hadapi). Perlu diingat, biaya awal Anda sebagai afiliasi minimal . Dengan anggaran bootstrap, Anda hanya perlu membayar $ 15 / tahun untuk domain dan $ 10 / bulan untuk hosting. Itu murah untuk menjalankan bisnis!

Bahkan dengan jumlah keuntungan yang lebih rendah, banyak orang lebih suka menjual produk orang lain. Melakukannya jauh lebih mudah, terutama sejak awal, ketika Anda tidak memiliki reputasi yang baik. Selain itu, Anda memiliki keuntungan karena tidak perlu khawatir tentang dukungan pelanggan atau sisi eCommerce dari sebuah situs web.




Affiliate marketing sangat cocok untuk orang yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam menghasilkan uang secara online atau mereka yang tidak tahu tentang produk apa yang akan dibuat . Faktanya, proses pemasaran afiliasi cukup mudah dipelajari dan itu adalah sesuatu yang berfungsi untuk tingkat keahlian atau pengalaman apa pun.

Ketika datang untuk menghasilkan uang dengan cara ini, pada dasarnya Anda dapat memilih produk apa saja untuk dipromosikan, selama perusahaan tersebut memiliki program afiliasi. Untungnya, pemasaran afiliasi sangat populer dan ini berarti ada banyak program afiliasi berbeda di luar sana.

Anda juga dapat mengunjungi situs-situs seperti Clickbank , yang mengkhususkan diri dalam menawarkan berbagai macam produk digital dari berbagai pencipta. Namun, jika Anda melakukan ini, saya sarankan untuk berhati-hati, karena banyak dari situs ini cenderung menghosting produk berkualitas buruk, yang tidak sebanding dengan waktu atau tenaga.


Menggabungkan Upaya Anda Sebagai Pencipta & Afiliasi


Salah satu hal terbaik dalam menjual produk digital adalah Anda memiliki banyak fleksibilitas. Tanpa stok fisik untuk dikelola, mudah untuk mengubah apa yang Anda promosikan dari waktu ke waktu dan mudah untuk beradaptasi jika satu produk (atau perusahaan) tidak lagi populer.



Keuntungan ini juga berarti bahwa Anda tidak pernah sepenuhnya terjebak jika satu perusahaan tempat Anda mempromosikan produk bangkrut. Jenis fleksibilitas itu sangat kuat. Ini berarti bahwa Anda tidak pernah sepenuhnya bergantung pada satu perusahaan dan Anda tidak perlu stres tentang seberapa baik kinerja perusahaan tersebut.

Alasan lain mengapa ini bekerja dengan baik adalah karena Anda dapat menggabungkan metode menghasilkan uang. Dalam banyak kasus, ini mungkin berarti Anda mempromosikan produk dari berbagai perusahaan yang berbeda. Tapi, itu juga berarti Anda bisa menjual  kombinasi produk Anda sendiri dan produk dari perusahaan lain .

Misalnya, pengalaman saya sendiri adalah kombinasi dari penjualan afiliasi dan penjualan produk saya sendiri. Saya adalah afiliasi dari produk "menghasilkan uang secara online" selama 4 tahun sebelum saya mengembangkan produk saya sendiri ( Money Blog ). Keahlian yang saya peroleh selama bertahun-tahun sebagai afiliasi mengajari saya banyak hal yang ingin saya bagikan dengan orang lain di eBook saya.

Anda juga bisa membalikkan proses dan membuat eBook terlebih dahulu. Untuk mempromosikan buku di situs web Anda, Anda harus menghasilkan banyak konten untuk menghasilkan lalu lintas dari mesin telusur.

Saat Anda menghasilkan konten, Anda mungkin menemukan bahwa ada produk lain yang dijual secara online yang akan diminati oleh audiens Anda. Anda dapat mempromosikannya di samping buku Anda, dan melakukan penjualan afiliasi di sepanjang jalan!

Subscribe Our Newsletter