-->

Apa Itu Mesin Pencari Dan Bagaimana Kerja Mesin Pencari

Apa Itu Mesin Pencari Dan Bagaimana Kerja Mesin Pencari


Apa Itu Mesin Pencari Dan Bagaimana Kerja Mesin Pencari-Sebelum kita sampai pada bagian di mana saya menjelaskan bagaimana Anda dapat melakukan SEO untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari, kami ingin Anda memahami cara kerja mesin pencari. Di bagian ini. kami juga akan berbicara tentang cara orang menggunakan mesin telusur, cara kerjanya, faktor peringkat, algoritme, dan berbagai fitur halaman hasil mesin telusur (SERP).


Prosesnya lebih sederhana dari yang Anda bayangkan. Mesin pencari google menggunakan  robot, juga disebut spider( laba-laba) yang merayapi konten halaman web yang anda kelola. Setelah selesai merayapi seluruh halaman wabsite anda, Google menggunakan informasi itu dan menjalankannya melalui algoritme rahasia mereka untuk memutuskan di mana memberi peringkat di halaman mana  hasil mesin pencari.



Jika Anda telah mengoptimalkan halaman Anda dengan benar, robot google akan mengindeks halaman Anda pada kata kunci yang relevan yang ingin Anda targetkan. Ini juga tergantung pada berbagai algoritma Google dan mesin pencari lainnya, yang akan kita bicarakan secara rinci di bawah ini.


Faktor Peringkat Mesin Pencari

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 300 hal berbeda yang dilihat Google untuk menentukan bagaimana menentukan peringkat setiap halaman web? Ini disebut "faktor peringkat". Saya hanya akan memberi Anda beberapa tips tentang cara bagaimana mengoptimalkan faktor peringkat yang paling penting.


Inilah yang paling penting:


  • Merujuk domain

  • Rasio klik-tayang organik

  • Otoritas domain

  • Relevansi domain

  • Kegunaan seluler

  • Waktu tinggal

  • Jumlah total backlink

  • Kualitas konten


Berikut sedikit info lebih lanjut tentang apa artinya semua itu:


Domain perujuk adalah situs web lain yang tertaut ke situs web Anda. Jika Anda memiliki Domain Autority  tinggi yang terhubung ke situs web Anda, maka ini tidak hanya akan meningkatkan otoritas situs web Anda tetapi juga akan memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google.


Rasio klik-tayang (RKT) organik didefinisikan sebagai berapa kali pencari mengklik pada halaman Anda setelah mencari kata kunci. Jika Anda memiliki RKPT tinggi maka Anda memiliki peluang bagus untuk tetap menempati posisi di rangking pertama pada mesin pencari .


Otoritas domain adalah otoritas domain Anda yang Anda bangun dari waktu ke waktu dengan mendapatkan backlink berkualitas dan menerbitkan konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk pencarian.


Relevansi domain berarti bahwa domain Anda harus memiliki konten yang terkait dengan topik utama Anda. Misalnya, jika Anda memiliki blog traveling, akan lebih mudah bagi Anda untuk memberi peringkat pada topik terkait Traveling. Jika Anda mulai menerbitkan berita atau resep teknologi, akan jauh lebih sulit untuk menentukan peringkatnya di hasil pencarian.


Kegunaan seluler mengacu pada betapa mudahnya menggunakan situs Anda di perangkat seluler seperti tablet dan ponsel pintar. Ini membantu mempercepat loading ketika blog Anda di kunjungi pengguna selular ,sehingga memuat lebih cepat dan menghemat waktu dan biaya tagihan paket data internet. Anda juga perlu mengerjakan keseluruhan pengalaman pengguna (UX).


Waktu tunggu adalah waktu yang dihabiskan pengunjung di situs web Anda. Katakanlah Mari bahwa blog Anda peringkat di 4 th dari halaman pertama dan klik pengunjung melalui blog Anda. Pengunjung Anda sangat menyukai konten dan menghabiskan waktu untuk membaca informasi yang Anda miliki di blog Anda. Konten Anda telah memuaskan maksud pengguna dan dia meninggalkan situs Anda tanpa kembali ke hasil pencarian dan mengklik link yang berbeda. Google akan mencatat ini dan mungkin memberi Anda peningkatan pada posisi Anda.


Jumlah total tautan balik adalah jumlah tautan ke situs web Anda dari situs lain di seluruh web.

Kualitas konten tidak perlu diragukan lagi! Semakin baik konten yang Anda buat, semakin besar peluang mendapatkan tautan yang bagus. Ini adalah dasar SEO untuk blogger.


Pembaruan Algoritma Mesin Pencari


Mesin pencari, lebih khusus lagi Google, melakukan banyak pembaruan pada algoritme mereka untuk meningkatkan hasil pencarian mereka. Anda akan mendengar orang-orang sering berbicara tentang bagaimana pembaruan Google tertentu membuat mereka mendapatkan atau kehilangan peringkat mereka.


Tetapi jika Anda melakukan semuanya dengan benar dan mengikuti pedoman Google tingkat dasar, maka Anda tidak perlu khawatir. Saran kami kepada Anda setelah Anda mulai melakukan SEO adalah ada saat-saat Anda akan mendapatkan banyak penghargaan setelah pembaruan Google. Kemudian akan ada saat ketika Anda mungkin kehilangan peringkat Anda meskipun Anda melakukan segalanya dengan benar.


Di saat-saat seperti ini, bersabarlah dan terus lakukan apa yang benar dan puaskan maksud pengunjung Anda dengan konten menarik yang bagus. Jika Anda berpegang teguh pada itu, Anda akan diberi imbalan.



Halaman hasil mesin pencari (SERP) tidak hanya menyertakan daftar URL. Google telah menambahkan banyak fitur ke dalamnya dari waktu ke waktu. Anda mungkin telah memperhatikan hal-hal seperti kotak unggulan, iklan, carousel gambar, dan fitur lainnya.


Berikut adalah beberapa cuplikan kaya paling umum yang akan Anda lihat di SERP:


Cuplikan unggulan

Kotak jawaban

Korsel (gambar, video, produk)

Paket gambar

Paket peta

Fitur bersponsor (Google Ads, penerbangan, belanja di Google)

Grafik pengetahuan

Cerita populer

Acara

Tautan situs

Fitur SERP yang harus Anda targetkan adalah cuplikan unggulan. Jika Anda berhasil memasukkan situs Anda ke dalam cuplikan unggulan, Anda akan mendapatkan peningkatan lalu lintas yang besar.

Sekarang kita tahu apa arti SEO dan cara kerja mesin pencari


Subscribe Our Newsletter