-->

Ternyata Apple Music Lossless dan Spatial Audio Hadir di Android, tapi...

Musik Apple di Android


Pekan lalu Apple mempresentasikan fitur baru untuk musik Apple, yaitu audio lossless dan dolby ATMOS / audio spasial. Sekarang fitur ini tersedia untuk Musik Apple di Android.

Pada awalnya, fitur baru hanya tersedia untuk musik Apple pada perangkat Mac, iOS dan iPados. Tapi sekarang akhirnya fitur ini tersedia di Android, meskipun hanya tersedia untuk pengguna yang merupakan penguji beta.


Tidak hanya audio audio dan spasial lossless, Apple Music di Android juga menerima fitur crossfade otomatis dan beberapa fitur lain, kata detikinet dari arena telepon, Selasa (15/6/2021).




Selain - untuk saat ini - hanya tersedia untuk pengguna yang mendaftar ke Beta Tester, fitur Audio / Dolby ATMOS spasial juga hanya mendukung perangkat yang kompatibel dengan fitur-fitur ini.



Setelah aplikasi diperbarui ke versi V.3.6, pengguna akan menemukan pengaturan tambahan, seperti pengaturan kualitas audio yang dibagi menjadi empat opsi, yaitu:







Efisiensi tinggi: AAC dengan penggunaan data rendah [hanya seluler]

Kualitas tinggi: AAC 256 Kbps

Lossless: Alac hingga 24-bit / 48kHz

Lossless resolusi tinggi: Alac hingga 24-bit / 192kHz

Perlu diingat, format lossless ini membutuhkan koneksi internet yang ketat dan juga penyimpanan besar. Apple menelepon lagu 3 menit pada 24bit / 192khz mencapai 145MB, sedangkan pada 24bit / 48kHz itu 36MB.


Oh ya, untuk opsi resolusi Hi-resolusi lossless, dibutuhkan digital eksternal ke konverter analog (DAC) yang dapat memproses file dengan kualitas seperti itu. Atau itu juga dapat dilakukan melalui perangkat Android yang dapat dapat memproses file-file tersebut, seperti peringkat HP Flagship LG dalam seri G dan V. Atau Anda juga dapat digital audio player (DAP) yang menggunakan Android sebagai sistem operasi.


Pada awalnya, ada 20 juta lagu yang tersedia dalam kualitas lossless. Apple menargetkan semua lagu pada musik Apple yang nomor lebih dari 75 juta lagu akan memiliki kualitas lossless pada akhir 2021.

Subscribe Our Newsletter