-->

AMD Rilis 'PlayStation 5' Versi PC, Ini Spesifikasinya

 



AMD secara diam-diam merilis paket yang berisi motherboard dan prosesor untuk PC yang memiliki spesifikasi sangat mirip dengan PS5.

Paket bundel adalah AMD 4700S kit, yang berisi motherboard kecil yang mirip dengan ITX Mini yang telah terintegrasi dengan prosesor. RAM memiliki dua pilihan, 8GB dan 16GB GDDR4 disolder ke motherboard.


Kombinasi ini menghasilkan kecepatan clock hingga bandwidth memori 3.2GHz dan 14Gbps. Kemudian pendingin yang digunakan mirip dengan Wraith Stealth yang biasanya dikemas oleh beberapa prosesor seri Ryzen.


Sayangnya, prosesor bekas ini akan mengalami hambatan dengan kartu grafis. Karena slot PCIe X16 tersedia pada motherboard hanya empat jalur gen2, yang hanya kompatibel dengan kartu grafis ujung rendah.



AMD sendiri merekomendasikan penggunaan GPU RX 550 pada kit ini, dan opsi GPU paling keras didukung oleh RX 590 dan GTX 1060, seperti dikutip dari Techspot, Selasa (13/7/2021).


Kombinasi motherboard, prosesor, dan RAM mirip dengan sistem pada chip yang digunakan pada PS5, yaitu Ariel. CPU memiliki delapan inti dengan kecepatan yang sedikit lebih tinggi. Kemudian sama-sama melekat pada 16GB GDDR6 RAM.


Jika dipasangkan dengan GPU diskrit, kinerja akan terbatas karena tidak dirancang untuk menggunakan kartu grafis tambahan.


Menurut AMD, 4700S Desktop Kit adalah solusi unik yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar arus utama yang menginginkan kinerja tinggi dengan sejumlah besar inti.


AMD 4700SAMD 4700S Foto: Doc. AMD.

Asumsi yang muncul tentang kit ini adalah 4700-an adalah ARIEL chip yang rusak, alias tidak memenuhi standar kualitas untuk menjadi chip pada PS5. Misalnya, GPU terintegrasi yang tidak memenuhi standar, atau kecepatan clock yang tidak dikelola, atau suhu yang dihasilkan terlalu tinggi.


Tetapi ada juga mereka yang berasumsi bahwa 4700-an ini sebenarnya adalah prototipe Ariel, atau desain yang dibuat dengan GPU terintegrasi yang berbeda.


AMD berjanji akan ada 80 pcs yang akan dirilis ke pasar oleh mitra dari 24 Juni. Harga akan diumumkan oleh mitra MD, dan sejauh ini kit 4700-an ini hanya akan dijual di Asia.

Subscribe Our Newsletter