-->

6 Cara Mengatasi Smartphone Hp Anda Lemot

Kinerja ponsel Android sering kali lebih lambat seiring berjalannya waktu dan penggunaan pengguna.


Ini tentu mengecewakan, terutama jika ponsel ini "berusia" dan memiliki perangkat keras lama.


Menjatuhkan kinerja ponsel Android tidak jarang memicu kami untuk membeli perangkat baru yang lebih mutakhir. Namun, untuk mendapatkan perangkat dengan spesifikasi yang berkualitas, juga diperlukan untuk menjadi saku yang lebih besar.


Nah, bagi Anda yang memiliki ponsel Android dengan kinerja yang mulai melambat, Anda dapat melakukan 12 trik berikut sehingga pengguna dapat menunda untuk membeli smartphone baru. Apa pun?


1. Bersihkan data menggunakan aplikasi file

Ilustrasi file aplikasi, pengaturan halaman untuk menghapus aplikasi Android, dan halaman pembaruan OS.

Lihat foto

Aplikasi Google Buatan File yang dapat diunduh dalam tautan berikut dapat digunakan untuk membersihkan berbagai file atau dokumen "Sampah" yang tidak lagi dibutuhkan oleh ponsel.


Dengan begitu, beban media penyimpanan seluler (penyimpanan) akan lebih ringan dan kinerja kemungkinan akan meningkat.


Untuk membersihkan ponsel, pengguna cukup membuka aplikasi file, kunjungi tab "Bersihkan" dan klik tombol "Bersihkan" di bagian "File Sampah".


Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai foto atau video yang tidak diperlukan, file yang telah diunduh, ke berbagai file berukuran besar untuk memperluas penyimpanan perangkat.


2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Kinerja ponsel dapat ditingkatkan dengan melepas beberapa aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan.


Karena aplikasi ini juga memenuhi ruang penyimpanan dan pemrosesan (RAM) di ponsel. Artinya, aplikasi ini memiliki kontribusi dalam kinerja yang membebani.


Aplikasi aplikasi biasanya dapat dilakukan dengan mengklik dan menahan (tahan) ikon aplikasi yang terkait selama beberapa detik dan Anda dapat mengklik tombol "Uninstall".


Jika aplikasi yang ingin Anda hapus adalah aplikasi sistem dan tidak dapat dihapus, Anda biasanya dapat mematikan aplikasi sehingga tidak makan memori.


Trik, buka "Pengaturan"> "Aplikasi" dan perhatikan aplikasi di sana.


Saat menemukan satu atau beberapa yang ternyata tidak berguna, cukup pilih dan klik tombol "Nonaktifkan" untuk mematikan tanpa menghapusnya atau menghapusnya untuk segera dihapus.


3. Perbarui OS secara teratur

Pastikan ponsel Android yang Anda gunakan telah diperbarui (Diperbarui) ke versi terbaru dari sistem operasi (OS). Biasanya, OS terbaru juga akan meningkatkan kinerja ponsel.


Langkah untuk memperbarui OS pada Android bervariasi tergantung pada pembuat ponsel. Namun, Anda biasanya dapat memperbarui OS dengan memasukkan "Pengaturan"> "Tentang Perangkat" Menu> dan "Pembaruan Perangkat Lunak". Kemudian, klik tombol "Periksa Pembaruan".


Saat Anda menemukan pembaruan, unduh dan instal segera ke ponsel Anda. Biasanya, selain meningkatkan kinerja, pembaruan ini juga berisi berbagai fitur baru.


Hal yang sama berlaku untuk aplikasi yang diinstal pada ponsel. Cobalah untuk selalu memperbaruinya sehingga kinerja aplikasi tetap cepat.


4. Pasang aplikasi versi "Lite"

Ilustrasi aplikasi Facebook Lite, Nova Launcher, dan Display untuk memulai kembali ponsel Android.

Lihat foto

Aplikasi yang cukup populer, seperti Facebook, Line, Tiktok, dan sebagainya, biasanya memiliki versi


5. Mulai ulang ponsel secara teratur

Aktivitas mematikan ponsel dan memutarnya (restart) diyakini dapat meningkatkan kinerja ponsel.


Karena, ketika ponsel dimulai kembali, sistem dikatakan menghapus berbagai limbah dalam penyimpanan dan RAM. Artinya, tidak ada salahnya untuk dapat me-restart ponsel secara teratur jika Anda memiliki ponsel dengan sedikit RAM.


6. Matikan animasi

Menu ilustrasi untuk menghilangkan atau mempercepat animasi, menampilkan layar beranda, dan menampilkan untuk melakukan aplikasi android force stop.

Lihat foto

Tampilan animasi yang dimatikan atau dipercepat dapat meningkatkan kinerja ponsel Android secara visual.

Cara itu dapat bervariasi antara vendor ponsel. Namun, Anda biasanya dapat mematikannya melalui menu "Settings"> dan "Tentang Telepon". Kemudian, cari menu "Informasi Perangkat" atau "sistem".


Dari menu, cari kolom yang menampilkan "Nomor Bangun". Sentuh tombol  7 kali untuk mengaktifkan mode pengembang

Subscribe Our Newsletter