-->

Kabarnya Bapak Internet Lelang Source Code World Wide Web Sebagai NFT




Sir Tim Berners-Lee, salah satu Mr. Internet modern, melelang kode sumber untuk World Wide Web yang ia buat lebih dari 30 tahun yang lalu. Kode sumber ini dijual sebagai token non-fungible (NFT) dan hasilnya akan disumbangkan dengan amal.

Ada hampir 10.000 baris kode yang dilelang, termasuk elemen web yang kami gunakan sejauh ini seperti HTML, HTTP, dan kemampuan untuk mencetak halaman web.



Lelang yang dijalankan oleh Sotheby tidak hanya akan berisi kode untuk World Wide Web, tetapi juga surat dari Berners-Lee, file vektor yang dapat dicetak ke poster, dan video 30 menit yang menampilkan kode yang diketik.




Berners-Lee memilih untuk menjual ciptaannya sebagai NFT karena dianggap cocok untuk kode buatan. Dia mengatakan NFT adalah ciptaan menarik terbaru di Internet dan cara ideal untuk mengemas asal di belakang web.


"Mengapa NFT? Ini adalah hal yang wajar untuk dilakukan ketika Anda seorang ilmuwan komputer dan ketika Anda menulis kode dan telah melakukannya selama bertahun-tahun," kata Berners-Lee dalam sebuah pernyataan resmi dari Sotheby, seperti dikutip dari BBC, Kamis (17/6/2021).


"Rasanya benar untuk menaruh tanda tangan saya dalam artefak yang benar-benar digital," lanjutnya.


Keputusan Berners-Lee untuk menjual kode sumber web di seluruh dunia mengejutkan banyak pihak. Karena, karena itu dibuat pada tahun 1989, Berners-Lee tidak pernah memanfaatkan ciptaan-Nya.


Berners-Lee tidak pernah mematenkan ciptaan-Nya dan tidak membebankan biaya bagi siapa saja yang ingin menggunakan ciptaan-Nya. Cern, yang merupakan tempat kerjanya pada saat itu, merilis semua haknya untuk teknologi dan memasukkannya ke dalam domain terbuka pada tahun 1993.



Kode Web World Wide akan dilelang oleh Sotheby sebagai bagian dari lelang online berjudul 'Ini mengubah segalanya'. Di perkirakan Lelang secara online ini akan berlangsung pada 23-30 Juni 2021.


Dan Kode bersejarah ini akan dilelang dengan harga yang fantastis dimulai dari USD 1.000 atau sekitar Rp. 14 juta. Hasil lelang ini akan disumbangkan ke pilihan pilihan Berners-Lee dan istrinya.

Subscribe Our Newsletter